Tanggal

Translate

Daftar pengunjung

Minggu, 12 Mei 2013

Pasak Bumi atau Tongkat Ali, obat kuat yang efektif


semoga bermanfaat
 
0
 
0
 

Pasak bumi dalam kemasan 02
Pasak bumi dalam kemasan 02
Pasak bumi dalam kemasan 03
Pasak bumi dalam kemasan 03
klo nama pasak bumi saya sudah lama mendengarnya, dulu saya taunya cuma sebagai obat/jamu dari jenis herba yang pahit, tapi setelah saya telusuri lebih lanjut ternyata pasak bumi ini merupakan obat kuat yang efektif untuk para suami yang ingin “kuat”/prima.
awalnya kenapan saya tertarik dengan pasak bumi ini karena herba ini termasuk sulit di cari, tidak bisa tumbuh alami di sembarang tempat, seperti halnya tapak dara, putri malu, kumis kucing, sambiloto dll. singkatnya herbal ini termasuk herbal langka, kenapa? karena setahu saya tanaman pasak bumi ini tumbuh di hutan-hutan alami seperti di kalimantan atau sumatra, dan masih dapat di jumpai sisa-sisanya di bekas hutan yang masih baru di buka untuk lahan pertanian/perkebunan.kebetulan dua tahun terakhir ini di tugaskan di daerah pelosok, di daerah perkebunan yang notabene adalah bekas hutan, di tempat saya bekerja ini ternyata masih dapat di jumpai herbal ini walaupun agak sulit mencarinya, so tersalurlah minat dan ketertarikan saya. beberapa minggu yang lalu saya beruntung mendapatkan 2 batang pasak bumi yang masih menancap kuat di bumi (= masih hidup), kebetulan kedua berdekatan (mungkin bisa di sebut berpasangan), disamping saya juga mendapatkannya dari orang lain.
sobat, melangkah lebih apa dan seperti apa sih pasak bumi ini sebenarnya?……berikut penjelasannya
PENAMAAN DAN MORFOLOGI
Gambar akar pasak bumi
Gambar akar pasak bumi
secara umum nama daerahnya adalah pasak bumi, di beberapa tempat di sumatra di kenal dengan nama Petalo Bumi, di malaysia terkenal dengan nama Tongkat Ali.nama latinnya adalah Eurycoma longifolia Jack dari suku Simarubaceae.
morfologi tumbuhan ini memang terlihat kekar seperti namanya, padahal tumbuhannya tidak seperti yang kita bayangkan hanya saja memang akarnya tersebut menembus bumi ini dengan lurus dan kekar.Pada umumnya tanaman pasak bumi ini seperti semak atau pohon kecil yang tingginya maksimal 10 m, berdaun majemuk, menyirip ganjil, ibu tangkainya mencapai 1 m, mengelompok di ujung ranting yang tebal. Anak daun berhadapan, berbentuk lanset atau agak berbentuk bundar telur dengan ujung agak meruncing. Bunga yang berwarna merah kejinggaan keluar dari ketiak daun dan seluruh bagiannya berbulu-bulu halus dengan benjolan kelenjar di ujungnya.
KHASIAT DAN KEGUNAAN
Pasakbumi mampu meningkatkan gairah seksual, kadar testosteron, jumlah sel sperma dalam sperma, kecepatan gerak sel sperma, dan intensitas ereksi. Tak berhenti di situ. Ia juga tangguh melawan biang keroknya penyakit malaria.
Pasakbumi yang di Malaysia dijuluki “tongkat Ali” ini sudah dikenal lama sebagai tumbuhan afrodisiak (obat kuat). Bagian yang ampuh memang akarnya. Di dalamnya terkandung puluhan senyawa bioaktif dengan berbagai variasi struktur kimia.
dari artikel yang saya baca (maaf saya lupa sumbernya)
sudah ada penelitian farmakologis menggunakan tikus sebagai hewan percobaannya untuk  membuktikan membuktikan khasiat pasak bumi ini. Hasilnya Ekstrak etanolik (menggunakan pelarut etanol) akar pasakbumi membuat tikus jantan menjadi sangat aktif terhadap tikus betina.Namun, senyawa bioaktifnya yang bikin tikus jantan mabuk kepayang adalah kuasinoid yang memiliki aktifitas afrodisiak. Dari percobaan diketahui, tikus jantan yang diberi ekstrak akuatik dan etanolik akar pasakbumi menjadi lebih aktif terhadap tikus betina ketimbang tikus jantan yang tidak mendapat ekstrak yang sama.
Bahkan saking aktifnya, tikus jantan sampai menabrak dinding pemisah kandang agar bisa masuk ke kandang betina. Sebaliknya, tikus jantan yang tidak dikasih ekstrak akar pasakbumi tenang-tenang saja tingkah lakunya. Ini diperkuat oleh penelitian H.H. Ang dan MIK. Sim bahwa ekstrak akar pasakbumi benar-benar membangkitkan nafsu seksual tikus jantan sampai berkali-kali menunggangi tikus betina, mengalami ejakulasi, dan sebagainya. Penelitian yang sama bahkan menunjukkan, ekstrak akar pasakbumi meningkatkan indeks ereksi penis tikus jantan.
Khasiat lainnya, pasakbumi juga meningkatkan kadar testosteron. Hasil kajian secara in vitro oleh Prof. Dr. Johari Mohd. Saad menggunakan homogenat testes penderita kanker prostat memperlihatkan, pemberian ekstrak akar pasakbumi meningkatkan kadar testosteron darah. Hormon ini berfungsi mengembangkan dan memelihara ciri-ciri kelamin sekunder pada pria serta membantu sel-sel pembentuk spermatozoa dalam melakukan tugasnya.
Selain itu, testosteron juga memiliki kerja anabolik, yakni meningkatkan pembentukan zat putih telur, terutama protein otot, sehingga tubuh menjadi kekar.
di luar urusan ranjang, pasakbumi ternyata ampuh untuk melumpuhkan Plasmodium falciparum strain Thailand yang sudah kebal terhadap banyak obat antimalaria. Dari penelitian diketahui, pasakbumi juga memiliki aktivitas antimalaria. Aktivitas tertinggi ditunjukkan baik oleh ekstrak kloroformik (dengan pelarut kloroform) maupun ekstrak I-butanolik (dengan pelarut I-butanol) akar pasakbumi.
Senyawa bioaktif yang berkhasiat terhadap malaria itu ialah senyawa erikomanon yang lebih aktif ketimbang obat malaria klorokuin. Senyawa eurikomalakton dan eurikomanol yang terkandung di akar pasakbumi juga memiliki aktivitas antimalaria meskipun hanya sebesar 60 – 70% klorokuin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar